Semua tentang Tempat Wisata di Lombok, Indonesia @ 2019

Peta Wisata Lombok - Gambaran umum Tempat Wisata di Pulau Lombok

Pulau Lombok adalah bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terbagi kedalam 4 kabupaten dan 1 kotamadya, yakni Kotamadya Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur dan Lombok Utara. Masing-masing daerah memiliki potensi wisata yang berbeda-beda. Jika Anda berencana melakukan perjalanan wisata di Lombok, sebaiknya Anda mempelajari peta lokasi sehingga Anda lebih mudah dalam menentukan jalur perjalanan wisata selama di Pulau Lombok. Di bawah ini adalah peta wisata Lombok yang menjelaskan seputar tempat wisata di Lombok.

Peta tempat wisata di Lombok

tempat wisata di lombok, lokasi wisata, wisata lombok, mataram
Peta Wisata Lombok (Klik untuk memperbesar)

Kota Mataram

Mataram adalah ibukota Nusa Tenggara Barat. Boleh dibilang Mataram adalah daerah dengan fasilitas paling memadai diantara kawasan lainnya di Lombok. Dulunya, bandar udara utama di Lombok, yakni Bandara Selaparang berada di kota ini sebelum akhirnya dipindahkan ke Praya, kabupaten Lombok Tengah dengan nama “Bandar Udara Internasional Lombok” atau yang kerap juga disebut dengan “Lombok Praya International Airport”. Di Mataram ini terdapat dua pusat transportasi penting yakni Terminal Mandalika yang berada di kelurahan Bertais dan Pelabuhan Lembar. Pelabuhan Lembar inilah yang menghubungkan antara Pulau Bali dan Pulau Lombok.

Selain tempat transit menuju ke tempat-tempat wisata di daerah lain, Anda juga dapat mengunjungi beberapa tempat menyenangkan di Kota Mataram. Misalnya pelabuhan dan kawasan kota tua Ampenan. Atau Anda juga bisa jalan-jalan ke Pasar Cakranegara yang merupakan tujuan utama wisatawan di Mataram. Disini, Anda bisa berburu oleh-oleh khas Lombok dan hasil kerajinan tangan dengan harga murah.

Selain berbelanja, Anda juga bisa melakukan wisata sejarah dan religi di Kota Mataram. Beberapa peninggalan sejarah yang ada di Mataram antara lain Taman Mayura dan Pura Meru yang berada di Kecamatan Cakranegara. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Museum Negeri NTB, Makam Loang Baloq atau PPH Van Ham.

Sebagai ibukota provinsi, hotel dan penginapan berbagai kelas sudah tersedia disini. Beberapa hotel yang bisa Anda singgahi antara lain Griya Asri Hotel, Lombok Garden Hotel, Grand Legi HotelBidari Hotel, atau Lombok Plaza Hotel.

Peta Wisata Lombok Barat

Selain kota Mataram, Lombok Barat-lah yang banyak dikenal oleh para wisatawan. Maklum, Pantai Senggigi dengan segala keindahannya dan merupakan ikon Pulau Lombok itu ada disini. Selain itu, sekitar 1 km dari Pantai Senggigi terdapat Pura Batu Bolong, pura ditepi pantai ini memberikan susana berbeda kepada setiap wisatawan. Sebagai kawasan wisata, terdapat banyak penginapan di Senggigi, seperti Holiday Resort Lombok, Senggigi Beach Hotel, Qunci Hotel and Pool Villas, Bintang Senggigi Hotel, Puri Mas Boutique Resort, Puri Bunga Beach Cottage, Bukit Senggigi Hotel, Kebun Villa & Resort dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang suka memancing, datanglah ke Bangko-Bangko yang berada di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong yang memberikan titik-titik strategis untuk memancing. Di Sekotong, Anda juga bisa memuaskan hasrat untuk diving dan surfing di Pantai Sekotong dan menginap di Cocotinus Hotel Sekotong Lombok yang nyaman. Di sebelah barat Sekotong, terdapat berbagai gili seperti Gili Renggit, Gili Layar dan Gili Nanggu yang indah. Selain pantai, Anda bisa mengunjungi Taman Narmada, Taman Suranadi, Pura Lingsar, Pura Gunung Pengsong, hutan Sesaot serta Bukit Malimbu. Anda juga bisa mengunjungi sentra ukiran kayu di Labuapi yang merupakan oleh-oleh khas Lombok Barat.

gili trawangan, gili meno, gili air, peta wisata lombok, lokasi wisata, wisata lombok, pulau lombok

Di lepas pantai barat laut Pulau Lombok terdapat gugusan 3 pulau eksotis yang menjadi salah satu destinasi wisata terbaik dunia, yakni Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Namun yang paling banyak dikunjungi adalah Gili Trawangan. Untuk menuju ke Gili Trawangan, Anda dapat menyeberang melalui Pelabuhan Bangsal, Lombok Utara. Untuk fasilitas penginapan lihat pada daftar hotel di Gili Trawangan, Hotel di Gili Air, dan Hotel di Gili Meno.

Peta Wisata Lombok Utara

Jika Anda menyukai hal-hal yang berbau pegunungan, di Lombok Utara lah tempatnya. Di perbatasan Lombok Barat dan Lombok Utara, kita bisa menikmati kesejukan alam pengunungan Pusuk Pass yang dihuni ratusan ekor monyet. Selain itu, bagi Anda yang suka mendaki, Anda juga dapat menikmati keindahan alam Taman Nasional Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak-nya yang mempesona dengan cara tracking. Bagi Anda yang tak kuat atau tak ingin mendaki, di kaki gunung Rinjani juga banyak terdapat objek wisata seperti Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep.

gunung rinjani, peta wisata lombok, tempat wisata di lombok, lokasi wisata, wisata lombok
Danau Sagare Anak, Gunung Rinjani

Selain pegunungan, Lombok Utara juga memiliki pantai yang indah bernama Sire Medana yang berada di Dusun Medana. Jika Anda dari Bali, Anda bisa mencapai Sire Medana dengan menggunakan kapal fery dari Pelabuhan Padang Bai menuju Pelabuhan Lembar di Lombok. Beberapa tempat penginapan yang ada di Medana adalah The Oberoi, Tugu Lombok Hotel, The Lombok Lodge dan Puri Sharon Hotel.
Bagi Anda yang tertarik dengan sejarah umat Islam di Lombok, sempatkanlah untuk mengunjugi Masjid Kuno Bayan Beleq di Desa Bayan. Disinilah asal mula kepercayaan Wektu Telu lahir dan berkembang.

Peta wisata Lombok Timur

Kawasan Lombok Timur disebut-sebut sebagai pusat perikanan Pulau Lombok. Anda bisa menemukan ikan-ikan besar hasil tangkapan nelayan di pelabuhan Tanjung Luar. Selain itu, ada beberapa objek wisata yang bisa Anda jumpai disini, salah satunya adalah pantai Labuhan Haji yang sarat dengan sejarah. Ada juga Tanjung Ringgit dengan keindahan pantainya yang belum banyak dikenal oleh wisatawan. Kawasan ini juga dikenal sebagai penghasil gerabah yang dikerjakan oleh pengrajin-pengrajin di Masbagik.

Peta wisata Lombok Tengah

Barangkali, Lombok Tengah-lah kawasan dengan objek wisata terbanyak di Pulau Lombok. Mulai dari pantai hingga sentra industri kerajinan tangan. Gugusan pantai di Lombok Tengah membentang di sekitar Pantai Kuta. Ada pantai Tanjung A’an, Segar, Mawun, Selong Belanak, Gerupuk dan teluk Belongas. Di pantai itu kita bisa bermain diving, snorkling maupun surfing. Pantai Kuta Lombok memang sangat populer, itu mengapa banyak pilihan tempat menginap disini. Anda bisa memilih antara Novotel Lombok Hotel, Kuta Indah Hotel, Tastura Beach Resort, dan Bumbangku Beach Cottage. Jika ingin mengetahui secara langsung kehidupan tradisional suku Sasak, Anda bisa mengunjungi Sade Desa Rembitan. Bagi yang ingin melakukan wisata pegungungan, Anda bisa ke Tetabatu yang terletak di kaki Gunung Rinjani. Di sini terdapat pula dua air terjun Anda bisa mandi-mandi sepuasnya di Air terjun yang ada disini yaitu Jukut dan Joben. Sementara itu, sentra industri kerajinan tangan yang bisa Anda kunjungi adalah kerajinan tenun songket di Sukarara, kerajinan anyaman di Beleka dan industri gerabah di Banyumulek serta Penunjak.

Dengan penjelasan peta wisata lombok di atas, semoga Anda lebih mudah merencanakan perjalanan wisata Anda di Pulau Lombok. Ingat, salah satu tips saat melakukan wisata di Lombok adalah dengan perencanaan perjalanan yang jelas. Semakin jelas tujuan wisata yang akan Anda dikunjungi, nantinya Anda akan lebih mudah mencari informasi mengenai hotel, transportasi dan sebagainya yang akan membuat liburan Anda akan semakin menyenangkan. Selamat menjelajahi Pulau Lombok!.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Peta Wisata Lombok - Gambaran umum Tempat Wisata di Pulau Lombok