Semua tentang Tempat Wisata di Lombok, Indonesia @ 2019

5 Oleh-oleh Khas Lombok yang Tak Boleh Dilewatkan

Pulau lombok saat ini mulai banyak dikenal karena keindahan alamnya yang begitu mempesona dan mulai menyaingi tetangganya, Bali. Diantara beberapa tempat wisata Lombok yang terkenal adalah Pantai Senggigi, Gunung Rinjani, Pulau Gili, dan masih banyak lagi. Karena keindahan alamnya tersebut, banyak para wisatawan yang berkunjung baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Selain keindahan alamnya, kuliner Lombok yang khas dan penuh citarasa memiliki daya tarik tersendiri bagi para turis.

Jika Anda salah satu orang yang akan melakukan perjalanan wisata ke Lombok, jangan sampai Anda pulang dengan tangan kosong tanpa membeli cindera mata atau oleh-oleh khas Lombok. Nah..berikut ini adalah beberapa oleh-oleh khas Lombok yang sayang jika Anda lewatkan.

1. Dodol Rumput Laut

oleh-oleh khas lombok, cindera mata, jajanan, buah tangan, souvenir, pulau lombok, wisata lombok,
Jajanan yang satu ini sepertinya wajib Anda cicipi dan dibawa pulang jika berkunjung di Pulau Lombok. Berbeda dengan dodol lainnya, dodol khas lombok ini selain manis juga segar saat dimakan. Dodol ini terbuat dari tepung rumput laut, gula, dan campuran buah-buahan segar seperti mangga, nangka, sirsak, pisang, bahkan tomat pun ada. Dodol ini bisa Anda peroleh di berbagai tempat seperti tempat-tempat wisata, kios-kios, supermarket, atau jika kelupaan, Anda bisa mencarinya di Bandara.



2. Mutiara Lombok

oleh-oleh khas lombok, cindera mata, jajanan, buah tangan, souvenir, pulau lombok, wisata lombok,
Mutiara Lombok sudah sangat dikenal bahkan dijadikan ikon nasional Pulau Lombok sehingga jangan sampai Anda ketinggalan mengoleksi souvenir dari mutiara ini. Di Lombok, Anda bisa menemukan berbagai jenis dan kualitas mutiara dengan harga yang berfariasi mulai dari ratusan hingga jutaan per gram. Namun Anda tidak perlu khawatir kerena mutiara Lombok ini adalah mutiara laut, bukan mutiara hasil budidaya air tawar.

Mutiara lombok bisa dengan mudah Anda temukan di butik-butik mutiara berkualitas dan bersertifikat, berbagai art shop, toko perhiasan, hingga di tempat-tempat wisata dan hotel.

3. Kain tenun Sasak

oleh-oleh khas lombok, cindera mata, jajanan, buah tangan, souvenir, pulau lombok, wisata lombok, trasional, langka, buatan tangan
Salah satu oleh-oleh khas Lombok lainnya yang patut Anda pertimbangkan adalah kain tenun sasak. Kain tenun sasak terkenal dengan proses pembuatannya yang rumit dan memakan waktu lama. Harganya pun berfariasi, semakin halus dan bagus motifnya, semakin mahal pula harganya. Jika Anda berminat, Anda bisa berkunjung ke sentra industri kain tenun Sukarara, Lombok Tengah. Tempat ini merupakan sentra kain tenun yang pembuatannya masih trasional, menggunakan tangan oleh masyarakat setempat.

4. Madu Sumbawa

oleh-oleh khas lombok, cindera mata, jajanan, buah tangan, souvenir, pulau lombok, wisata lombok, madu putih, berkhasiat
Pulau Sumbawa terkenal sebagai salah satu penghasil madu terbaik di Indonesia, dan madu sumbawa ini bisa Anda temukan dengan Mudah di Lombok. Ada dua jenis madu yang banyak dijual di Lombok yaitu madu biasa (berwarna kuning kecoklatan) dan madu putih atau madu kristal (beradal dari lebah yang hidup di batu karang-karang putih). Madu putih ini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit saraf, pencernaan, dan bagus untuk tulang.

Selain kedua jenis madu tersebut, ada juga madu rempah yaitu madu yang sudah dicampur dengan rempah-rempah khas lombok yang sangat baik untuk vitalitas, melegakan tenggorokan dan sebagainya. Anda bisa menemukan jenis-jenis madu sumbawa ini di art shop atau di toko oleh-oleh khas Lombok.

5. Susu kuda liar

oleh-oleh khas lombok, cindera mata, jajanan, buah tangan, souvenir, pulau lombok, wisata lombok, sumbawa, berkhasiat,
Selain madu, Pulau Sumbawa juga terkenal dengan produksi kuda liarnya. Susu ini sudah dikenal secara luas kerena khasiatnya namun jarang ditemukan di tempat lain karena produksinya yang sangat terbatas. Susu yang dihasilkan dari kuda-kuda yang hidup bebas berkeliaran di Pulau Sumbawa ini banyak mengandung probiotik alami dan bebas dari kandungan kimia sehingga dapat menekan pertumbuhan bakteri jahat di pencernaan yang disinyalir dapat mengobati berbagai penyakit pencernaan seperti disentri, kolera, thypus, TBC bahkan leukimia dan tumor. Susu ini juga dapat menjaga stamina, kebugaran, dsb.

Selain yang sudah disebutkan di atas, masih ada juga oleh oleh khas lombok lainnya yang bisa beli seperti baju kaos Lombok, minyak gosok Sumbawa, telur asin khas lombok, dendeng rusa, kerupuk kaki ayam, kendi maling, dan masih banyak lagi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Oleh-oleh Khas Lombok yang Tak Boleh Dilewatkan